Senin, 30 Januari 2012

Manajemen Kegagagalan

Diposting oleh .Enur pengen jadi relawan. di 21.54
Kegagalan adalah sebuah kata yang biasa kita dengar. semua dari kita pasti pernah mengalami kegagalan, karena kegagalan adalah sisi lain dari keberhasilan. seperti mata uang dibalik keberhasilan pasti ada kegegalan. ada juga yang mengatakan kalo kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

"boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui." (al-Baqarah 216) 

Ada rahasia besar dari Allah swt dibalik kegagalan yang telah, sedang, atau akan kita alami yang tidak tampak oleh mata kita; yang ternyata kegagalan tersebut adalah batu loncatan -yang dianugerahkan Allah- yang dapat melejitkan kita ke tempat yang jauh melampaui orang lain yang dulu kita anggap lebih beruntung dari kita.
Kecewa?... boleh!;  sedih? silahkan. (manusiawi koq). tetapi kesedihan dan penyesalan saja tidak akan merubah keadaan!, jadi jangan sampai membenci kegagalan yang sedang kita hadapi, karena akan lebih menyesal lagi setelah tahu hikmah dan rahasia Allah dari kegagalan yang kita temui.
ORANG SUKSES adalah bukan orang yang tidak pernah gagal. tetapi orang sukses adalah orang yang mampu bangun dari kegagalan!
TUNGGU DULU !
ini hanya 'seandainya GAGAL'. hal yang paling pahit yang mungkin kita temui.
Yakinlah kalian semua bisa. Karena segala upaya sudah kita lakukan (berdo'a dan berusaha/belajar). maka TABAH & TAWAKAL adalah sikap kita yang terakhir dalam menerima ketentuan dari Allah SWT. Kita harus meyakini bahwa apapun keputusan (taqdir) Allah adalah yang terbaik untuk kita. Kalaupun kita rasakan keputusan tersebut tidak baik saat ini, kita harus tetap yakin kebaikan itu akan kita dapati besok, lusa, atau bulan depan, dan seterusnya yang waktunya dirahasiakan Allah SWT.
Bagaimana kalau yang tidak kita inginkan terjadi???
kita hanya dapat bermohon kepada Allah : Allahumma innaa la nas'aluka roddalqodho, walakin nas'aluka lutfa fihi. "Ya Allah, kami tidak berharap Engkau batalkan kehendak/takdir-MU, (baik yang terdahulu maupun yang akan datang); yang kami mohonkan ya Allah, apabila Engkau takdirkan kami tertimpa sesuatu, timpakanlah kami dengan lemah lembut; kalaupun kami harus terjatuh, biarlah kami terjatuh dalam tumpukan jerami..."
Kalaupun Allah mentakdirkan gagal, kita berharap kegagalan ini tidak membuat terpuruk, tetapi justru membuat kita terpacu, memantul, bahkan melejit melampaui target yang diharapkan oleh kebanyakan orang. (ingat ilustrasi saya tadi)
Kita harus sadari bahwa tidak ada kegagalan yang terjadi kecuali atas kehendak Allah sesuai dengan rencana-Nya, sebagaimana tidak ada keberhasilan kecuali juga sebagai wujud dari rencana-Nya. Karena itu sikap yang terbaik ketika mengalami kegagalan adalah rela, ikhlas, ridho atas segala rencana Allah, dan ketika mengalami keberhasilan harus bersyukur atas rencana Allah tersebut. 

Ingatlah...
Kadang kita meminta kepada Allah setangkai bunga yang indah, tapi Dia memberi kaktus yang berduri...
Ketika kita meminta kupu-kupu yang cantik, tapi Dia memberi kita seekor ulat yang berbulu....
Kita pun sedih dan kecewa.... 
Namun kemudian kaktus itu berbunga indaaaaah sekali,ulat itupun menjadi kupu-kupu nan cantik. 

Itulah jalan Allah ! indah pada waktunya. Allah tidak memberi apa yang kita harapkan, tapi Dia memberi apa yang kita butuhkan. 

Kadang kita sedih, kecewa, terluka, berburuk sangka pada sang Maha Kuasa...tapi jaauuuh di luar sepengetahuan jangkauan kita, Dia sedang merajut yang terbaik dalam kehidupan kita. 
Karena itu janganlah meminta Allah untuk mengurangi beban yang diberikan kepada kita, karena Dia sudah mengukur kadar kemampuan kita, Mintalah kepadaNya agar kita diberikan bahu dan pundak yang kuat agar kita merasa ringan memikul beban yang diberikan kepada kita.


So, keep fight and spirit....semangattt...kamu bisa lebih dari apa yang kamu kerjakan hari ini...

2 komentar:

Syahrul Hidayah mengatakan...

Kegagalan itu merupakan proses penundaan. . .
mengapa Allah memberikan kita kegagalan ?
Padahal DIA kuasa untuk memberi keberhasilan ?
Dari sini kita simpulkan. Allah memberi kita kegagalan karena kita masih belum siap menerima keberhasilan. . . . .

.Enur pengen jadi relawan. mengatakan...

inggih,,,maturnuhun...

Posting Komentar

 

^_^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review